REVIEW: MINERAL BOTANICA : SMLC & FACE MIST

16:50

Hi there, 

Bener bener ya namanya ngeblog itu susah banget supaya bisa konsisten ngepost terus. 
Aku lagi super hectic belakangan ini dan belum sempet nulis review tentang product - product baru yang aku coba. (padahal product product lama yang udah tried and tested pun juga masih numpuk dan banyak yang belum aku post reviewnya, oops!) 

Buat yang suka baca blog aku, mungkin tahu kalau aku suka banget cobain produk produk lokal yang berbahan natural dan organic gitu. Meskipun kadang ngga cuma karena bahannya, tapi juga karena nama brandnya. Yah seperti nama brand yang kali ini akan aku review productnya. MINERAL BOTANICA. 

Dari namanya aja kayaknya ini produk yang 'natural - natural' gitu. Yah mungkin MINERAL BOTANICA kalau kita bandingkan dan kategorikan , bisa di bilang mengiblat The Body Shop atau The Face Shop versi Indonesia menurut aku, terutama dari segi harga (meskipun slightly lebih murah ya) . Sama agak mirip Boscia juga sih dari segi branding - bedanya Boscia daunnya cuma satu dan kecil, kalau ini daunnya 2 dan lebar :'D . 




Mungkin kalau di foto samping sampingan gini ngga terlalu berasa miripnya. Tapi, buat yang masih kepo bisa coba aja Googling Boscia sama Mineral Botanica. You'll get the feel deh pastinya ( maklum yah anak marketing, jadi peduli banget sama urusan branding ) 
Mineral Botanica Instagram Page
                                                           

Baca dari bio Instagramnya, mereka bilang kalau Mineral Botanica ini decorative cosmetics and skin care solution ya. Nah, tapi dari nama Mineral Botanica yang aku anggap pertama kali adalah this is a mineral make up brand. Bukan sekedar make up traditional. So what is mineral make up actually ? 

"Mineral makeup has been touted as being healthier for your skin and more natural than conventional makeup all while giving you a flawless complexion. Mineral makeup should contain 100% minerals like titanium dioxide, zinc oxide, mica and iron oxide and be free of organic dyes, preservatives and fragrance." - Self.com

Yang arti dalam bahasa Indonesia, bisa di buka di google translate yah hehe. Intinya other than the plus side claim, bahwa mineral make up itu lebih aman dan baik untuk kulit sensitif namun ada juga minus sidenya terutama buat kalian yang punya kulit berminyak. Karena banyak mineral make up texturenya lebih ke powder dan non-liquid, jadi buat kulit berminyak akan lebih sulit di serap dan akan menghasilkan tampilan make up yang lebih cakey 


Nah, karena aku udah sangsi duluan untuk coba produk complexion dari Mineral Botanica (seperti Original Loose Foundationnya yang banyak di bahas dimana mana ), sebab aku tahu wajah aku super berminyak, makanya aku milih untuk coba produk mereka yang lain. Yaitu Face Mist dan Soft Matte Lip Creamnya.



Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream & Face Mist 

Jadi kalau mau cerita awalnya, saat aku sedang nunggu adik aku di Kuningan City di hari Jumat malam, aku end up di Century yang ada di LG buat lihat-lihat. Emang bahaya deh main main ke drugstore saat ngga punya tujuan. Karena ujung ujungnya bisa jadi belanja haha . Tapi yah berhubung aku juga sedang cari lipstick warna merah, (karena aku kebetulan ada yang booking make up untuk bridesmaid di hari Minggunya) jadilah aku muter muter di dalam Century untuk cari cari lipstick yang oke. Sebenernya, aku sempet nyari Make Over Liquid Lipstick yang baru launching, tapi ternyata stocknya belum masuk semua. Akhirnya, aku coba untuk cari cari alternatif dan entah kenapa mata aku tertuju ke SMLC Mineral Botanica ini yang ada di rak bawah. Kalau Face Mistnya sih aku beli karena pure tergoda aja, soalnya ada di depan kasir jadi sekalian buat beli untuk coba-coba hihi. 

Nah langsung aja ya ke bagian reviewnya! 


Mineral Botanica Intense Vivid Color Extract Enriched No Color Transfer 
Soft Matte Lip Cream - Crimson Heart 001 (4 g) 
IDR 89 000 



Ingridients 
isododecane, castor (ricinus communis) oil, isotearyl, cyclopentasiloxane, caprylyl methicone, beeswax, dextrin palmitate, glyceryl tribehenate/isosterate/eicosandioate, polythy;ene, aluminium starch, octeny;succinate, vp/hexadecene, copolymer, flavor, silica, phenoxyethanol, dimethicone/vinyl dimethicone, crosspolymer , octyldodecanol, silica silylate, aluminium hydroxide, hydrolized adansonia digitata extract, ethylhexylglycerin, isopropyl titanium triiostearate ,  methicone. 

May contain : CI 77891, CI 45410:2, CI 15850:2, CI 19140:1, CI77120, CI 77499, CI 77492, CI 77007, CI 45380, CI47005:1.




Packaging 
Packaging dari SMLC Mineral Botanica ini entah kenapa menurut aku kok kurang greget yah. Cuma plain warna abu abu lalu di bungkus plastik, pas awal beli. Terus ingridients listnya hanya di print sticker kertas yang kayaknya kalau kena air bisa robek (dan font super kecil yang bikin aku sampe jereng pas mau ngetik). Tapi sepertinya dengan milih warna netral abu abu ini bikin mereka lebih menonjol di banding liquid lipstick lain yang banyak memakai tutup silver/ hitam / gold sehingga ngga keliatan bedanya. Dan dengan memilih untuk ngga invest di box packaging luar (cuma lapis plastik), mungkin salah satu cara mereka save the earth (and cost) juga ya. 




Aplikator 
Aku masukin review aplikator, karena menurut aku ini krusial. Buat aku, aplikator dari SMLC ini ngga standar ukurannya. Lebih panjang gagang aplikatornya dari pada tutupnya. Ini sih agak mengganggu buat aku karena kita kan biasa menggenggam tutup saat pakai lip cream ini. Jadi harusnya tutupnya lebih di panjangin aja, jangan batang gagangnya. Semoga mereka segera improve ya dari segi aplikator ini. Tapi plus poinnya, aplikator ini berbahan busa yang ujungnya cukup kecil jadi bisa menjangkau area bibir yang menyempit. 



Texture 
Texture dari SMLC ini menurut aku enak banget. Dan bener bener lembut di bibir waktu di apply. Meskipun cair tapi ngga netes netes, dan bagus banget karena ngga menggumpal. Teksturnya tetep padet dan ada unsur powdery setelah kena air yang bikin hasilnya lebih pekat. Senangnya dia ngga mudah geser dan bleber. Meskipun untuk benar benar set,  harus ditunggu more than semenit agar hasilnya oke.  

Color & Pigmentation 
Entah cuma aku kah yang merasa kalau warna Crimson Heart ini bener bener keren apa gimana! Kenapa? Karena menurut aku shade ini bener bener netral dan ngga ada hue or undertone biru mau pun kuningnya, selayaknya lipstick merah yang sering aku temui pada umumnya. Jadi saat aku apply ke diri aku yang kulitnya putih porcelain warnanya tetep merah as it is, dan saat aku apply ke client aku yang kulitnya sawo matang, hasilnya pun dia ngga jadi kaya cabe cabean atau pun mpok mpok betawi. Suka banget! 

Dengan claim mereka yang 'Intense Vivid Color', aku sangat setuju dan mengiyakan. Hanya saja untuk No Color Transfer, belum bisa aku akuin, karena aku masih mengalami color transfer saat makan dengan SMLC ini meskipun ngga parah.   

Fragrance
Aku kira karena namanya Mineral Botanica, SMLC ini akan tidak berbau dan fragranced. Ternyata ada aromanya yang cukup strong dan fruity banget. Buat aku sih ngga mengganggu, 

Durability 
Dengan claim Long Lasting , wajib kita test dong ya. Dan ini beneran hasil test aku, dimana saat itu aku berenang jam 10 pagi, dan selesai sekitar jam 1 siang. Aku apply SMLC ini , dan awalnya bisa di lihat di gambar sebelah kiri. Itu kena sedikit tetesan air aja. Dan sebelah kanan, adalah hasil berenang 3 jam masuk keluar air dan hasilnya warna tetep stay on dan cuma smudge sedikit di pinggir pinggir. Awesome



Final say 
For me this SMLC is a must have buat yang suka dengan lipstick merah atau pun yang suka koleksi liquid lipstick / lip cream. Dengan harga yang terjangkau, ini bener bener product yang tidak mengecewakan dan sesuai lah dengan most of what they promised. Mungkin aku akan beli lagi dengan warna lain, kalau ada yang menarik hati. 

Fresh 
Gulf Stream Sea Water Sodium Hyaluronate 
Face Mist - (60 ml) 
IDR 45 000 





Ingridients
Aqua, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, PPG-20, Methyl Glucose Ether, Aloe Barbadensis, Extract Sodium Choride (Gulfstream Sea Water) , Allantoin, Triethanolamine, Propilene Glycol, Sodim Hyaluronate. 

Packaging
Untuk packaging dari face mist ini, menurut aku yaudah aja. Ngga neko neko, hanya botol spray biasa di cover sticker aja. Yang sebenernya aku ngga gitu suka soalnya sensasi spraynya kurang berasa. Aku paling suka spray bottle yang model aerosol gitu, karena kerasa ada sensasi dingin kalau pake yang aluminium tin gitu yah. Tapi pasti harganya juga ngga akan semurah ini kalau pakai botol yang model begitu hehe. Untung sih tapi, ukuran font tulisannya rada gedean jadi ngetiknya juga ngga bikin jereng. 

Texture
Texture dari face mist ini menurut aku ringan banget. Ngga bikin kulit lembab berlebihan. Selain itu. cairannya juga lembut saat di semprotkan. Claimnya dengan pH seimbang , maka face mist ini juga cocok bagi semua jenis kulit. 

Color
Percaya atau ngga , face mist ini terlihat agak berwarna. Warnanya keruh, persis seperti air laut bukan seperti air biasa. 

Fragrance
I can smell the sea ! Selain wanginya seperti air laut, face mist ini sepertinya mengandung wangi wangian lain seperti lemon karena sangat acidic sekali aromanya. Benar benar fresh ! I like it , karena lama kelamaan dia juga hilang dan tidak terlalu strong lagi aromanya. 

Method 
Semprotkan pada area wajah secukupnya. Itu yang tertulis di packaging. Tapi, kalau aku suka banget pakai face mist ini saat siang bolong dan udara lagi panas panasnya. Waktu muka terasa udah super berminyak, aku akan ambil kertas minyak, untuk blotting wajah, kemudian aku semprotkan face mist ini diamkan sampai kering lalu bedakan lagi. Yang aku suka, it really gives a cooling sensation setelah di semprotkan ke wajah. Seger banget! 

The Effects 
Setelah touch up dengan face mist ini, aku ngerasa wajah aku jadi ngga mudah berminyak lagi dan make up lebih tahan. Wajah aku yang sensitif juga ngga bereaksi apapun sama kandungannya dan bikin aku nagih semprot semprot terus. 

Final Say 
This is such a nice product to have karena selain menyegarkan , efeknya juga ternyata bisa menyembuhkan. Sharing sedikit, selain untuk face mist aku juga gunakan ini untuk hair mist. Karena aku punya kulit kepala super sensitif, sering kali kulit kepala aku gatal gatal dengan jendolan jendolan berlendir bahkan kadang sampai bisa berdarah (I know this sounds disgusting, but it's the truth) .

Penyebabnya bisa macam macam, entah karena ngga cocok sama shampoo/conditioner atau hormon dan terlalu banyak sebum (minyak) di kepala. Akhirnya kemarin aku coba untuk keramas dengan teknik reverse shampooing , dimana aku pakai conditioner hanya di ujung rambut dan memakainya sebelum shampooan. Setelah itu aku pakai shampoo. Tidak mengeringkan dengan conditioner. Dan karena aku udah ngga sanggup sama gatalnya, aku iseng semprot face mist ini ke kulit kepala yang bermasalah. Diamkan rambut sampai kering sendiri dan keesokan paginya, magic! Kulit kepala aku sembuh, ngga ada jendolan, ngga ada lendir dan ngga lagi berdarah. Semuanya kering begitu aja. 

Dan setelah aku baca lagi disini, Gulfstream Sea Water itu ternyata berguna sebagai anti-inflamasi, membantu merelaksasi kulit dan meperbaharui kulit karena tinggi kandungan mineral.  No wonder ! 


Where to Buy 
Produk - produk Mineral Botanica bisa di beli di beberapa cabang Century, dan juga by online yang bisa kalian lihat dari instagram mereka & website mereka yang sudah aku insert linknya di atas! 


So, have you tried any of their products ? Boleh share juga ya disini! 

See you on my next post ,



xoxo



  






You Might Also Like

0 comments

Follow me on Instagram @audrreysview

Instagram

Subscribe